Rabu, 14 November 2012

Sebelum Senja Berlalu Bersamaku





“aduuhhh..panas banget ya hari ini..!!! mana gak hujan-hujan...” ujar seorang gadis yang duduk disampingku. Dia keke, teman dibangku kuliahku, dia itu mirip banget sama penyanyi, ashanti. Tapi usianya lebih tua dua tahun dariku. Ya... aku sama keke adalah mahasiswa psikologi di UIN surabaya.
“eh... ke, phi-phi kok belum nyampek kampus juga ya...??? kesasar dimana tuh anak..!! hmmm...bikin khawatir aja..!!!” tanyaku pada keke. Ya...sedari dua jam yang lalu kami menunggu fikri, atau biasa aku panggil phi-phi.
“tau tuh,..!! katanya udah mau nyampek kampus, !! eh.. aku laper banget tau gak???”
“kapan sich kamu gak laper, ke..!! makan dulu gih..!! aku tungguin disini, sekalian nunggu phi..!!” suruhku.
“beneran gak apa-apa? Gak nitip apa-apa nih?” tanya keke padaku.
“gak deh... hehehe...!!! laptopmu tinggal disini aja, aku mau buka facebook nih...!!!”
“okelah..!!! tuh ambil aja di dalem tas, aku ke kantin dulu ya..” . Aku hanya menganggukkan kepala aja. Sebenernya sih laper, tapi lagi males makan.

            Ya... inilah aku, aku hanya seorang mahasiswa psikologi semester 3 di UIN sunan ampel surabaya. Kenalin namaku Altavia, biasa di panggil Altav atau via. Tapi si phi-phi lebih suka panggil aku altav, sebenarnya sich itu panggilan sayang dari temen SMPku dulu. Tapi ya sudahlah... tak apa. Aku hanya berasal dari keluarga yang pas-pasan,  tapi aku tetep bersyukur atas semua itu.
            Pagi itu kampus masih kelihatan sepi, mahasiswa semester 1 pun masih ada kelas intensif bahasa asing. Aku, phi, ma keke memang sengaja berangkat pagi, ya mungkin karena masih banyak tugas menunmpuk layaknya gunung merapi.
            Aku sama phi itu udah kayak saudara sendiri aja, padahal baru setahun setengah aku kenal sama dia, tapi mungkin karena menurutku dia itu anaknya supel dan periang. Awalnya aku tak suka dengan sikapnya yang suka ber-gank-gank dengan temen-temennya dulu. Tapi lama-kelamaan ternyata anaknya memang baik, setiap kali aku lagi sedih, pasti dia yang selalu meluangkan waktu buat aku. Bahkan saat aku punya masalah ma cowokku, dia yang selalu memberi pendapat untuk kebaikan hubunganku dengan cowokku. Sampai terkadang dia melupakan cowoknya sendiri. Meskipun dia sering gagal dalam urusan pacaran tapi dia paling jago nyelesein masalah cintaku.
            Sedangkan aku ma keke itu hanya teman biasa, anaknya dewasa tapi asyik kalau di ajak ngomong. Keke itu paling gak bisa kalau jauh dari makanan. Dia itu selalu merasa kelaparan, tiap kali pergi kewarung dia selalu pesen dua porsi untuk dirinya sendiri.
            Pagi itu bisa dibilang aku lagi stres, semaleman nangis gak jelas didalam kamar, tapi aku sama sekali bingung dengan yang aku fikirkan.  Hmmmm... gak tau entah apa yang aku fikirkan sehari kemarin. Sampai-sampai teman sekelas gak aku ajak ngomong. Seharian kemarin Rasha juga gak sms sama sekali, menambah rasa jengkelku saat itu. Padahal saat-saat seperti itu, aku lagi butuh dia buat ngasih semangat buat aku. Makanya pagi-pagi aku nyuruh phi untuk berangkat kekampus, mungkin aja kalau ada phi, semuanya akan lebih ringan. Dua jam setengah udah berlalu, phi belum juga nyampek. Hmmm... mungkin aku sms dia aja dah.
“phi, dimana kok lom nyampek kampus??? Aku udah nunggu kamu dari tadi ma keke...!!” . “message send” sms udah terkirim, tinggal nunggu balesan aja.
            Saat itu aku putuskan untuk maen lepi alias laptopnya keke. Mungkin ditunggu sambil fb-an aja.
            “tav, ngapain disini pagi-pagi?” sapa seorang cowok dari depan fakultas psikologi. Tapi aku masih gak tau, siapa cowok itu, mungkin karena mataku udah rabun hehehe.... tapi kelihatannya aku kenal dengan dia. Cowok itupun menghampiri aku.
“tav, malah bengong..!!! masa gak ketemu sehari aja udah lupa..!!!” ejeknya, yang ternyata cowok itu adalah kak faisal, mahasiswa semester 5 jurusan komunikasi di kampus ini, mahasiswa paling pinter dan paling gokil dikampus ini. Aku mengenalnya setahun yang lalu saat ada seminar international di kampus. Tapi akhir-akhir ini, aku jarang ketemu sama dia, mungkin karena dia sibuk banget ngurusin kuliahnya.
“yeee...kirain siapa? Ngapain ke kampus? Mending jalan-jalan..hehhe...!!!” balasku.
“gak lah... aku kan mau kuliah, ada UTS nih hari ini..!! belum belajar lagi,,,”
“mang kakak pernah belajar apa??? Setahuku, kakak itu paling males kalau disuruh belajar..” ejekku balik
“yeee... sok tau kamu..!!! makin cerewet aja..” ucapnya sambil mencubit pipiku.
“hmm... sakit tau..!!!” balasku menepuk pundaknya.
            Sebuah motor, berhenti tepat di depanku dan didepan kak faisal. Ternyata si phi yang baru nyampek kampus. Dia tersenyum seusai melepas helm kesayangannya, saat melihatku sedang duduk berdua dengan kak faisal. Mungkin karena dia tau kalau kak faisal ternyata punya rasa ke aku. Tapi ya..kak faisal udah tau kalau aku udah menjalin hubungan jarak jauh sama cowokku. Namun kak faisal tak pernah menyerah untuk mendapatkan hatiku. Dibandingkan dengan Rasha, kak faisal mungkin jauh lebih perhatian sama aku. Saat aku sakit, justru kak faisal yang menemani aku di rumah sakit. Tapi entahlah, aku masih aja mencintai Rasha, dan masih menunggu kepulangannya.
“cie..ciee..cie...!!! yang lagi PDKT,..!!” ejek phi-phi
“apaan sich phi??? Gak sengaja aja ketemu disini.. sama kak faisal..!!” ucapku
“di sengaja juga gak apa-apa kok..!!! kan gak ada yang melarang..!!!”
“hmmm.. apa-apaan sich phi..”
“iya nih, baru aja ketemu disini phi..!!” sahut kak faisal. Terlihat jelas raut wajah kak faisal yang memerah.
“oh ya.. maaf ya, aku terlambat soalnya tadi macet banget dijalan, jadi ya jam segini baru nyampek..!!” ucap phi.
“oke, never mind lah phi..” balasku
“keke dimana? Tadi pas aku dijalan, keke sms kalau dia ada disini sama kamu..??” tanya phi.
“tuh keke,,,!! Dia habis makan ke kantin..!!” jawabku sambil menunjuk kepada keke yang sedang berjalan menghampiri kami. Senyumnya yang manis mengembang saat ku lambaikan tanganku padanya.
“eh.. ada kak faisal, ngapelin altav yaa...!! cie.. ciee.. jadi ngiri nih aku..!!”ejeknya.
            Aku dan kak faisal hanya tersenyum tipis aja. Terlihat sekali lagi, kak faisal menunjukkan wajah malunya padaku. Jam udah menunjukkan jam delapan lebih lima belas menit, kak faisal berpamitan mau masuk kelas. Akhirnya tinggal aku, phi sama keke, duduk garing didepan fakultas komunikasi. Kami pun membicarakan hal-hal lain yang menurut kami bisa di diskusikan, termasuk masalah “love” hhehe.
            Ya.. inilah secuil keluarga bahagiaku di kampus itu. Mereka semua sangat berarti buat aku, bahkan yang aku tahu saat aku sedih, merekalah yang ada disamping aku, terutama kak faisal yang selalu perhatiin aku, kak faisal paling gak suka kalau melihat aku lagi sedih. Dia mengingatkan aku pada sahabatku dulu, yang udah gak ada. Sikapnya yang lembut dan ramah, wajahnya yang mirip dengan sahabatku dan cara berjalannya juga yang udah tak asing lagi buat aku. Ahhh... itu semua mengingatkan aku pada sahabatku. Dan semakin membuat aku terpuruk.
            Pagi ini pun, aku masih mengingat kejadian dikampus itu, dimana saat itu terakhir kali aku masuk kuliah. Ya.. itu hanya lamunanku saat masih kuliah, dimana aku masih bisa berjalan dengan normal dan masih bisa bersendah gurau dengan teman-temanku di kampus, termasuk dengan teman terbaikku, phi-phi, keke dan kak faisal. Sebenernya aku masih pengen nerusin kuliahku, aku ingin jadi psikolog terkenal didunia, aku masih pengen membantu orang-orang yang mempunyai gangguan di jiwanya, tapi mungkin itu hanya akan jadi kenangan yang harus aku kubur dalam-dalam, ya... lamunan gadis cacat dan penyakitan sepertiku. Dan sekarang aku hanya bisa terbaring lemah di rumah sakit, kalau sudah bosan mencium bau obat-obatan ataupun melihat ruangan yang serba putih dirumah sakit itu, aku pun menghabiskan waktu di taman yang berada di dalam rumah sakit.ya... sekarang aku dirawat dirumah sakit, aku sedih saat aku di diagnosa terkena kanker darah atau leukimia stadium 3. Mungkin sekarang teman-temanku sedang mencari aku, karena aku tak memberitahukannya kepada siapapun, hanya keluargaku dan Rasha yang tau semua ini. Awalnya aku tak mau memberitahukan ini kepada Rasha, tapi ayahku keceplosan saat Rasha menanyakan kabarku kepada ayah. Sebenernya aku gak mau merepotkan dan menjadi beban buat keluargaku dan orang-orang yang aku sayang. Makanya aku sengaja tak memberitahukan semua ini pada teman-temanku. Aku gak mau mereka khawatir terhadapku, apalagi kak faisal. Setahun yang lalu mungkin dia masih semester 5, tapi sekarang dia udah semester 6 jadi mungkin dia akan lebih sibuk dari semester yang lalu, makanya aku sengaja tak mengabarinya, aku takut menganggu kuliahnya.
            Tiba-tiba ponselku berdering. Telfon dari Rasha, ya... besok Rasha pulang, dia terlalu khawatir sama keadaanku. Dia bener-bener gak mau kehilangan aku.
“iya sha.... ada apa?” tanyaku padanya
“lagi ngapain sekarang? Udah makan belum?”
“nih lagi duduk aja di taman rumah sakit, soalnya bosen di kamar terus..!! aku udah makan kok..!!”
“ohh...”
“besok kamu jadi pulang?” tanyaku lagi padanya, karena aku ingin tau kepastiannya aja.
“ehmm, iya donk..!! aku kan pengen jagain kamu disana..!!!”
“terus kerjaan kamu gimana? Ntar gajimu di potong lho...”
“aku udah minta cuti kok, tapi ya Cuma bentar, mungkin Cuma tiga hari aja..!!!”
“kok Cuma tiga hari sich...”
“ya maaf, aku minta cuti yang lama tapi  gak boleh..!! maaf ya..” ucapnya dengan nada yang lesu.
“iya gak apa-apa kok...!! udah kamu temenin aja, aku seneng banget meskipun Cuma sebentar...”
“iya....!! ya udah aku mau mandi dulu, mau berangkat kerja, nanti sore aku berangkat pulang.. mungkin besok pagi udah nyampek sana..!!”
“iya...!!! jangan lupa makan ya...”
“iya...!! cepat sembuh ya...! besok kita ketemu..”
            Telfon udah dimatikan, dan sekarang aku hanya sendiri ditaman ini. Sekali lagi aku teringat teman-teman kuliahku, aku benar-benar merindukan mereka, aku ingin bertemu mereka kembali, meskipun Cuma sebentar.
“kak faisal, lagi apa sekarang? Aku kangen sama kakak. Tapi aku gak mau merepotkan kakak lagi karena aku terlalu naif buat kakak, aku sering nyakitin kakak. Maafkan aku kak, untuk saat ini aku gak bisa kasih tau kakak tentang keadaanku sekarang. Phi-phi, keke dan teman-temanku yang lainnya, aku juga kangen banget sama kalian. Aku ingin bertemu kalian sebelum aku pergi. Aku ingin bertemu dengan orang-orang yang aku sayang, sebelum aku pergi, karena aku tau kalau hidupku tak akan lama lagi.” Ucapku dari dalam hati. Ya... aku sangat merindukan mereka, aku berharap bisa bertemu mereka sebelum senja mengajakku berlalu dari dunia ini.
            Keesokan harinya, kata dokter keadaanku semakin memburuk, ini berarti ajalku akan segera tiba. Aku menangis di pangkuan ibuku, seakan aku takut menghadapi ini semua, aku benar-benar takut. Kusebut nama Tuhan yang maha Esa. “Ya Allah aku benar-benar takut menghadapi ini semua..!!” . Tiba-tiba pintu terbuka, dengan segera kuhapus air mataku karena Rasha telah tiba.
“Rashaaa,,,,” panggilku. Aku pun memeluk Rasha dengan erat. Aku benar-benar merindukannya.
“maafkan aku ya...!! aku baru datang..saat kondisimu udah seperti ini...!!”
“gak apa-apa kok Sha...!! aku senang bisa melihatmu...”
“oh ya.. aku ketemu phi-phi, dan aku mengajaknya kesini..” ucapnya, aku kaget mendengar perkataan Rasha. Dan akhirnya phi-phi tau kalau aku sakit. Phi-phi pun memelukku saat melihat wajah pucat di hadapannya. Aku menangis, dan semakin larut dalam keharuan itu.
“kenapa kamu gak bilang kalau kamu sakit Tav?”
“aku gak mau buat kalian sedih...!!aku gak kenapa-kenapa kok..!!! keke sama kak faisal mana?”
“keke lagi dijalan mau menuju kesini, tapiii...” ucapan phi terpotong
“tapi apa phi?”
“seminggu yang lalu,dia nyariin kamu, dia bener-bener merasa kehilangan kamu..!!! lalu.. saat itu juga, kak faisal menabrak warung di pinggir jalan..”
“apaaa?? Terus sekarang dia kemana phi?”
“dia udah gak ada, Tav..!! kak faisal tidak dapat diselamatkan...!!!”. Aku kaget mendengar cerita phi-phi. Aku gak percaya kalau kak faisal udah gak ada. Tangisku pun mnjadi-jadi saat phi-phi memelukku.
“sabar ya, Tav..!! kak faisal sempet bilang ke aku kalau dia sayang banget sama kamu..!! dia bener-bener merindukanmu..!!”. Dan akupun jatuh pingsan.
            Keesokannya,aku baru siuman. Ku mulai membuka mata sedikit demi sedikit. Kulihat keluargaku, kekasihku, dan sahabat-sahabatku berada di hadapanku.
“tav, kamu udah sadar?” terdengar suara Rasha dengan isak tangisnya.
“kenapa kamu nangis, sha? Aku gak apa-apa kok..”
“aku udah ikhlas kalau memang kamu mau pergi, Tav...!!maafin aku ya, sayang...” Rasha memelukku, dia menangis. Dan semua orang yang ada disana pun ikut menangis pula. Aku benar-benar bahagia, sebelum aku pergi orang-orang yang aku sayang berada didekatku. Termasuk phi dan keke.
“ayah, bunda, kak Rehan..makasih ya... udah mau jagain Altav..!!maafin Altav ya... udah banyak salah sama kalian..!! Bunda jangan nangis ya.. kalau bunda nangis, Altav jadi sedih.. maafin altav ya....!!!Altav sayang sama kalian...” Sekarang Bunda dan ayah yang menangis memelukku. Akupun ikut menangis.
“phi,ke... kalian harus janji sama aku kalau kalian akan jadi seorang psikolog ya..!! kalian harus sukses ya,,!! Maafin aku ya...!! aku sayang kalian...semua...”
            Saat itu juga, aku mulai merasakan kegelapan yang sesungguhnya. Wajah-wajah orang yang aku sayang, mulai pudar dari penglihatanku. Tapi aku hanya melihat wajah kak faisal tersenyum kepadaku dan mengajakku semakin jauh-jauh dari pandanganku.

Tidak ada komentar: